Apa yakin Gizi keluarga kita tercukupi dan Aman, The Silent Killer

Sebagai juru masak, ibu dan Guru mereka aku ingin yang terbaik pastinya, dari soal Sandang, Pangan danPapan. Setiap hari selalu mengolah bahan masakan dari sayuran yang organik Now pengawet dan itu semua agar gizi keluarga terpenuhi pastinya, aku sendiri melarang anak-anak untuk jajan sembarang. Walaupun terkadang saat jalan-jalan di luar pasti kita makan junkfood, memang rasanya sangat enak terlebih pecel ayam pinggir jalan yang rasanya lebih enak dari masakan yang aku buat sendiri, tapi saat kita lihat ke dapurnya ohh tidak itu minyak goreng atau saluran got yang berwarna hitam pekat jadi dari situkan hasih ayam yang enak dan gurih yang barusan keluarga ku makan. (rasanya saya ingin koprol)

Para Narasumber (Doc.pribadi

Jakarta,25 Januari 2017  Simposium ini diselenggarakan menyambut Hari Gizi Nasional agar semua orang peduli bahwa kesehatan harus berawal dari rumah.  Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor nutrisi, mengapa demikian karena asupan makanan harus yang bernutrisi untuk perkembangan otak dan proses pertumbuhan ini sangat penting untuk catatan orang tua. Pasti banyak orang berfikir sejak bayi lahir kedunia kita harus mulai mengatur asupan Gizinya (maaf itu salah), karna memberi nutrisi yang baik kepada anak bisa kita mulai saat anak didalam kandungan bahkan saat kita dinyatakan Hamil.

Nutrisi Seperti apa yang diperlukan Tubuh kita?

Nutrisi yang di perlukan tubuh adalah nutrisi yang sehat dengan Gizi seimbang . Makana bergizi lengkap dan seimbang itu haruslah mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh (lengkap), dan dalam jumlah (porsi) yang seimbang. Zat-zat gizi itu terdiri atas Zat Gizi Makro (Karbohidrat, Protein, lemak) dan Zat Gizi Mikro (Vitamin dan Mineral). Zat-zat Gizi tersebut akan digunakan untuk proses pertumbuhan,perkembangan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh dan otak.

Jika kekurangan Zat gizi Makro dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan tumbuh kembang. pada Ibu hamil, gangguan akibat kekurangan zat gizi Makro ini berdampak pada kurangnya berat badan dan berat otak bayi yang akan dilahirkan. Sementara kekurangan Zat Gizi Mikro bisa menimbulkan penyakit Anemia (kurang zat besi), gangguan penglihatan (kurang vitamin A), rendahnya konsebtrasi dan daya ingat (kurang Vitamin B), dan lainya sebagainya.

Menurut sejumlah ahli, otak balita mengalami perkembangan yang pesat pada trisemester pertama, atau 18 bulan setelah dilahirkan. Coba bayangkan, satu sel otak dapat membuat sekitar 15.000 hubungan dengan sel otak lainya. Hingga balita berusia 3 tahun, di dalam otaknya sudah terbentuk jaringan sel otak yang sangat rumit. pada masa ini telah terbentuk jutaan serabut saraf (sinaps) yang terdapat baik di otak kiri maupun kanan. Serabut saraf inilah yang kemudian akan menghasilkan kemampuan tertentu pada balita. Kemampuan ini akan menjadi dasar sebagai kemampuan balita.

Sudah sehatkan masakan Kita dirumah?

Karna ingin mengirit pengeluaran rumah tangga aku suka sekali belanja langsung ke pasar dan sekali beli sampai stok untuk 1 minggu, yah namanya juga ibu rumah tangga maunya hemat biaya dan waktu. Tapi jangan salah kita harus tetap memperhatikan cara menyimpan bahan makanan kita dengan baik dan benar , jika tidak ingin Vitamin pada sayuran, buah, daging dan ikan hilang begitu saja. Saat menyimpan daging jangan pernah mencuci daging cukup bersihkan pakai tisu dan masukan ke dalam tempat kedap udara, untuk sayuran sendiri kita bersihkan dan pisahkan juaga masukan wadah yang bersih untuk di simpan dalam kulkas.

3 Tabda minyak Goreng Baik #DikitNempel (Doc. Pribadi)

Saat mengolah masakan usahakan jangan terlalu matang untuk mengolahnya agar Vitamin tidak hilang, saat menggoreng ikan, tempe atau semuanya usahakan minyak tidak terlalu panas karna itu akan merusak vitamin dan fungsi minyak itu sendiri. “Pilih minyak goreng yang baik, karena minyak goreng itu salah satu sumber lemak Bunda, Untuk  mengetahui Ciri-ciri minyak goreng yang baik itu sangat mudah, tinggal plih Minyak Goreng yang warnanya bening. Prubahan warna pada minyak goreng adalah salah satunya tanda minyak mulai mengalami kerusakan/oksidasi. Jika kita menggunakan minyak goreng yang sudah rusak dapat terkena penyakit Kanker, dari sekarang kita mulai mengunakan minyak goreng baik dan Sunco adalah salah satu #MinyakGorengBaik . Dari sekarang kita juga harung menjaga kadar gula,garam dan minyak yang masuk ketubuh kita,gula 50gr/hari, gamam 15gr/hari, minyak  67gr/hari.

Christian Sugiono membuktika kalo minyak goreng Sunco #DikitNempel dan rasanya seperti air (Doc. pribadi)

 

Chaf Nanda dan ibu yang lain juga penasaran Ingin membuktikan Sunco Minyak Goreng Baik (Doc. pribadi)

Tapi jangan salah, bukan hanya  pedagang kaki lima yang melakukan itu tanpa sadar kita ibu rumah tangga melakukan hal yang sama. Coba di ingat kembali berapa kalikah anda memakai minyak goreng yang anda gunakan (sebut saja jelantah) mungkin bisa lebih dari dua kali ya, nah itu juga salah baiknya minyak goreng tidak digunakan lebih dari dua kali pakai. Pada dasarnya minyak diperlukan dalam giziyang seimbang, Lemak?/minyakyang terdapat dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi,membantu penyerapan Vitamin A,D,E dan K serta menambah kelezatan hidangan. Mulia Wijaya, Deputy Marketing Manager Sunco melihat masyarakan seringkali menganggap minyak goreng adalah hal yang tidak bahaya, ” Agar terhindar dari penyakit berbahaya, pastikan jangan gunakan minyak secara berulang-ulang, jika minyak sudah berubah warna akibat sisa makanan, sebaiknya ganti dengan minyak yang baru. Selain itu, hindari penggunaan suhu terlalu panas saat memasak, karena dapat membentuk radikal bebas yang merugikan ksehatan dan merusak kandungan Vitamin dalam minyak goreng” ujar Mulina. http://www.minyakgorengsunco.com

Bunda juga bisa melihat aneka resep masakan di http://www.resepsehat.com

dan banyak Tips kesehatan yang tidak kalah prnting di https://www.facebook.com/SunCoIndonesia/

Chef Nanda ingin membuktikan Sunco Juga bisa di gunakan untuk membuat Mayonaise (Doc. pribadi)

 

Para Narasumber kita pada Hari ini :

  • Ibu Mulia Wijaya
  • Bapak Zulkfli (moderator)
  • Dr. Entos Zainal
  • Ibu Theresia Irawati
  • Dr. Tirta Prawita Sari 
  • Christian Sugiono ( Brand Amasador Sunco)

Comments

  1. Wah infonya sangat membantu bagus sekali ya mba echi, aku jadi tau beberapa hal yangbharus dihindari dalam menjaga makanan kita di rumah, terutama pemakaian minyaknya. Kebetulan aku juga di rumah menggunakan sunco loh.

  2. Minyak Sun co nya beneran diminum yak? Saya belum bisa tuh kalau disuruh..kecuali minyak olive karena emang sehat, dicampur salad enak..Tapi di rumah emang pakenya Sun Co.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *