Berapa Persenkan Energi dalam piring sarapanmu, “Ayo Bangun Indonesia”

Penyerahan teropi dok. pribadi

Jujur saja aku termaksud bunda yang agak malas untuk masak di pagi hari, jadi menyiapkan sarapan yang peraktis dan cepat saji toh yang penting mereka sarapan dan tidak pergi kesekolah dengan perut kosong. Bikin roti bakar dengan segelas susu, atau beli nasi uduk di depan, bahkan pernah saking malasnya aku pernah membiarkan anakku pergi kesekolah dengan perut kosong. Jujur itu perbuatan yang sangat buruk, dan apa yang aku dapat dari kecerobohanku? Bani tidak mengikuti pelajaran dengan baik Gurunya pun bilang kalo bani selalu bertanya jam istirahat masih lama nggak, emosinya tidak terkontrol karna gelisah. Jadi bunda usahakan buah hati kita sarapan dan asupan Gizinya terkontol karna mereka ingin pergi beraktifitas dan belajar di sekolah, sangat perlu energi yang mereka butuhkan dan energi itu terbentuk dari kwalitas sarapan yang ada di piring mereka.

Seperti motor yang berjalan membutuhkan bahan bakar yang dinamakan Bensin, apapun jenis bensin itu mau yang kwalitas baik atau buruk toh itu motor akan tetap berjalan, hanya saja saat motor itu berjalan pasti akan beda karna memakai bensin yang biasa dan berkwalitas. Begitu juga dengan anak-anak kita Saat mereka berangkat sekolah harus tetap di berikan bahan bakar, bahan bakar seperti apa yang pasti dalam piring harus ada Nutrisi yang Seimbang memenuhi 15-30% kebutuhan total energi perhari sehingga berperan penting untuk menunjang produktivitas sepanjang hari.

 


Seberapa pentingkan Sarapan untuk tubuh kita?

Sarapan pagi adalah bagian terpenting dalam menjalani aktivitas  keseharian kita, terkadang kita sangat menyepelekan arti dari sarapan . Aktivitas yang biasa kita mulai pada pagi hari memerlukan energi yang cukup besar, dan dari mana kita akan mendapatkan energi tersebut? jawabanya adalah sarapan apa yang kau makan tapi pagi… Sangat simpel kan. Dibawah ini adalah manfaat dari sarapan kita:

  1. Dapat meningkatkan konsentrasi Otak, Dengan sarapan maka kita memiliki banyak energi dan asukan oksigen yang ke otak akan jauh lebih, dan saat berfikir dalam menerima materi pelajaran bisa lebih fokus.
  2. Sebagai sumber Energi, Sarapan di pagi hari juga dapat membantu kita dalam memproduksi Energi tambahan yang dapat menunjang Aktivitas kita sepanjang hari, Sesibuk apapun kita usahakan untuk sarapan terlebih lagi ini sangat perlu untuk anak-anak dalam proses pertumbuhannya.
  3. Dapat mengontrol Berat Badan, Dari beberapa sumber membuktikan bahwa sarapan pagi dapat membantu dalam hal diet, Hemm kok bisa yaa… Hal ini dikarenakan dengan sarapan atau perut dalam keadaan isi di pagi hari makan ia dapat menekan nafsu makan pada siang hari. Jika kita tidak sarapan maka kita sudah menanam pada pikiran kita untuk banyak makan karna saat itu posisi kita sangat lapar, dan yang kita bayak masukkan ke perut adalah karbohidrat dibanding protein,mineral dan serat.
  4. Menjaga Mood, Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibanding dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Anak yang tidak sarapan pagi akan memiliki emosi yang lebih tinggi karena mereka ingin buru-buru waktu cepat berlalu, anak yang sarapan pagi selain lebih tenang dia juga memiliki daya konsentrasi yang lebih baik.

 


Jakarta, 9 Februari 2017, Untuk membangun masa depan generasi muda Indonesia yang berkualitas, Nestle Indonesia meluncurkan kampanye “Ayo Bangun Indonesia” dengan mengajak masyarakat untuk menerapkan kebiasaan sarapan sehat. Kampanye yang diluncurkan dalam rangka Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2017 YANG DIPERINGATI SETIAP 14-20 Februari ini dihadiri oleh

  • Drs. Wowo Widaryat,Msi (Direktur pembinaan Sekolah Dasar Kementrian pendidikan nasional)
  • Drs. Hendra Jamal (asisten Deputi lll pemenuhan Kesehatan dan kesejahteraan Anak, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

 

Prof.Dr Ir. Ali Khomsan,Ms. Sayangnya, sekitar 44,6% anak Indonesia masih mengkomsumsi sarapan yang kurang berkualitas, atau sarapan yang asupan energinya hanya memenuhi kurang dari 155 total kebutuhan energi perhari. Prof. ali kemudian menyampaikan pentingnya komposisi dan keberagaman zat gizi seperti Karbohidrat,Protein vitamin dan Mineral untuk meningkatkan Kualitas Sarapan. Ada dua jenis sarapan yaitu

Prof.Dr Ir. Ali Khomsan, MS Doc Pribadi
  • Full/Complete breakfast Untuk memperoleh asupangizi lengkap dan seimbang maka complete breakfast sangat dianjurkan, contonya seperti pangan pokok Lauk,buah,sayuran dan mineral (susu,teh,kopi,air mineral) 4Sehat 5Sempurna.
  • Partial/ incomplete breakfast, kurang dapat memenuhi asupan nilai gizi yang cukup, diperaktekkan karena alasan ketersediaan makanan atau karna waktu yang tidak cukup untuk sarapan misalnya Roti, nasi uduk bahkan mie Instan.

Selain itu studi dari pusat penelitian University of sussex di Inggris, pada 2012 menunjukan bahwa kebiasaan sarapan sangat dapat membabtu meningkatkan kemampuan mental, kemampuan mengarjakan soal, koordinasi mata-tangan. hingga menurunkan kecemasan saat menghadapo stress. Psikolog Vera Itabiliana menambahkan “tidak hanya dari aspek kesehatan dan gizi, sarapan juga berkontribusi dalam pembentukan karakter anak yang siap menghadapi tantangan sepanjang hari dan membentuk generasi masa depan yang lebih tangguh dan berkualitas.

Vera Itabililiana psikolog Doc. pribadi

 

Sesibuk apapun Dwi Sasono selalu menyempatkan waktu untuk sarapan bersama anak-anak mereka Dru,Widuri dan den Bagus, Dan Widi selalu menyiapkan sarapan yang berkualitas untuk keluarga tercinta, mereka selalu berdiskusi untuk menu sarapan 1minggu kedepan dan dalam menyiapkan sarapan pasti melibatkan anak-anak untuk membantunya di dapur. Itu juga salah satu trik agak anak-anak mau untuk sarapan, kita harus tau apa yang akan anak makan bukan mengharuskan apa yang kita masak anak harus makan. Widi dan Dwi  membiasakan anak-anak untuk memulai hari dengan sarapan bersama, selaon menjadi quality time kami sekeluarga dan dapat memuouk sikap disiplin anak sejak dini. Dengan Gizi yang baik, anak-anak dapat menjalani hari dengan lebih produktif dan positif.

 

Pentingnya Sarapan pagi hari untuk Keluarga kita
Para Narasumber hari ini Doc. pribadi

 

Mira Susanti selaku Nutrition, Health and Wellness Manager Nestle indonesia, Ingin mendorong kesadaran akan pentingnya sarapan sehat dan mengubah pandangan bahwa sarapan adalah hal yang rumit. Untuk itu,kami akan berbagi beragam informasi,tips hingga resep masak untuk memudahkan keluarga Indonesia dalam menerapkan kebiasaan sarapan sehat dan karena itu Nestle mengkampanyekan “Ayo bangun Indonesia”.

 

Widi Mulia dan Dwi Sasono, Duta Nestle Doc pribadi

Comments

  1. Alhamdulillah dari sejak anakki masuk sekolah aku selalu membiasakan sarapan untuk anak2, tp karena ga sempat untuk memasak, jd ya selalu bikin yang praktis aja, tp ternyata setelah baca artikel ini, aku jadi tau sarapan sehat yang baik untuk anakki. Makasih ya mba Echi untuk infonya.

  2. Aku dulu gak pernah sarapan sewaktu sd. Akhirnya dijuluki si ratu pingsan sam guruku. Semenjak tau pentingny sarapan gak pernah lupa sarapan. Alhamdulillah jadi gak pernah pingsan lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *