Bicara Gizi, Perlukah Bikin Menu Mingguan


Assalamualaikum… Selamat pagi..

Jakarta, 25 Februari 2017 pagi ini terhitung hari yang cerah, dan hari ini ingin menuju ke arah kuningan tepatnya ke Cyber 2 berhubung Bojo hari ini libur kuliah ya sudah minta anterin deh naik si hitam. Ternyata kantor Danone terletak di lantai 9, Sesamapainya di sana sudah ada beberapa teman blogger yang sudah samapai. Karna acara belom mulai kita bikin teh hangat saja dulu ya sambil menikmati live musik lupa ak nama bandnya tapi serius suasananya serasa me time, dengan secangkir teh hangat pemandangan yang indah dari atas gedung ditambah alunan musik hemmm..


Pada awalnya aku merasa setiap masakanku sudah masuk ke nilai Gizi yang bagus yah walau belum sempurna, kalo masak tinggal menyesuaikan bahan yang ada dikulkas saja. Tapi ternyata itu salah besar, karna anak memerlukan Gizi yang seimbang untuk masa pertumbuhanya, dan yang terutama saat mereka sarapan harus pas nilai gizinya tidak kurang atau pun lebih.
Ibu Budiarti menerangkan pentingnya menyusun menu mingguan Untuk keluarga, dengan menyusun menu kita tau apa saja makanan yang masuk ke tubuh kita dan nilai Gizinya. Yang penting ketika sarapan adalah adanya karbohidrat dan protein, dalam piring makan. Untuk sayuran dan buah bisa dilengkapi saat makan siang atau jam waktunya cemilan.

Susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Kenapa harus menyusun menu mingguan? Dengan menyusun menu mingguan akan membuat waktu memasak lebih efisien, belanja lebih hemat, dan yang pasti menunya bisa berfariasi dan bergizi setiap harinya dengan seimbang. Dengan menyusun menu mingguan kita bisa menentukan nilai gizi Macro dalam makanan yakni karbohidrat, protein dan lemak. Micro nutrisi ada vitamin dan mineral, dan keduanya berasal dari buah dan sayur. Ini sangat penting gizi seimbang untuk keluarga.
Terkadang kita sering sekali lupa untuk sarapan dengan alasan tidak ada waktu, lalu yang terjadi kita membeli sarapan/ makanan siap saji atau biasa di sebut junk food, tau nggak nilai gizi di dalamnya?? Pasti tidak taukan. Sebaiknya kita kurangi mengkomsumsinya karena makanan siap saji mengandung bahan yang berbahaya seperti kalori tinggi, lemak yang tinggi bahan pengawet dan pemanis.


Chef Zul ingin berbagi tips bagai mana menyusun menu mingguan agar penyajiannya cepat, murah dan tetap bergizi.

  • Potong-potong daging ayam dan sapi,  pisahkan menjadi berapa bagian lalu simpan dalam wadah yang tertutup ( saat memasak bisa ambil perbungkus, gunanya agar daging tidak keluar masuk Freezer dan tidak mudah terkontaminasi) daging atau ayam jangan memasak dengan suhu kurang dari 160 derajat calcius.
  • Stok Buah dan sayuran didalam lemari es untuk satu minggu, jadi saat bikin menu mingguan kita tidak perlu mencari bahan lagi karna kurang
  • Jika membuat kaldu kita juga bisa membuatnya lebih banyak, untuk cara penyimpanan kita bagi menjadi beberapa bagian dalam wadah, saat memakainya kita cukup ambil seperlunya ( memasak menggunakan air kaldu membuat masakan kita jauh lebih gurih, sehingga tidak perlu menambahkan MSG dalam madakan).
  • Saat menyimpan bahan makanan apapun dalam freezer pastikan bahan makanan tertutup dengan baik, agar tidak terkontaminasi dengan bahan yang lain. Dan saat menyimpan pastikan makanan tidak menutupi kipasnya agar suhu dinginnya akan tetap stabil.
  • Hindari mengunakan bahan baku instant, jika kita ingin membuat ayam goreng tepung kita bisa membuat racikan tepungnya sendiri dengan tepung tetigu dicampur tepung beras dan merica, garam, sedikit bubuk pala.
  • Saat mengolah makanan sebaiknya tidak over cook/ kematengan, karna vitamin dan mineral akan hilang saat proses pemanasan saat di masak.


Pastikan saat menyusun menu mingguan kita libatkan keluarga tercinta, dan mencatat mereka ingin dimasakan apa saja dan di hari apa. Pastinya dengan catatan harus terdapat gizi yang seimbang.


Setelah Talkshow #BicaraGizi  usai kami para Blogger di tantang membuat menu selama seminggu. Blogger terbagi menjadi 3 kelompok dan kelompok kami bernama Salat Buah, walau kami gagal hanya mendapat juara 3 tapi jujur aku senang karja jadi tahu bagai mana cara menyusun menu mingguan. Berakhirlah acara untuk hari ini  Dan di tunggu undanganya Kembali dalam #BicaraGizi selanjutnya….

Walaikumsalam…. 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *