Quilting Cantik Bersama Kriya Indonesia 


APPLIQUE Adalah membentuk sebuah gambar dari potongan kain yang kemudian ditempel dengan kain yang bermotif berbeda dan dijahit diatas permukaan kain dengan menggunakan mesin jahit atau Jait tangan.

PATCHWORK adalah menggabungkan potongan-potongan kain menurut pola dengan cara dijahit mesin atau jait tangan.

QUILTING , adalah gabungan Patchwork dan applique disempurkanan dengan melapisinya dengan lembaran busa atau dacron di bagian tengah dan selembar kain lagi untuk bagian bawah yang seukuran. Kemudian ketiga bahan itu kita jait tindas dengan mengikuti pola  potongam kain maupun pola yang kita kreasikan sendiri.

Hari ini aku ingin belajar membuat Quilting, apa aku bisa menjahit?? Jawabnya tidak  hihihi kali ini aku belajar dengan modal Nekad.. Dibawah Bimbingan Mba Astri Damayanti  ingin belajar membuatnya. Walau darah keturunanku atau bisa disingkat nyokap bisa menjahit tapi jujur hati ini lom terketuk untuk belajar menjahit masukin benang ke jarum aja susah apa lagi menjahit.

Bagai mana Tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam Quilting??

Sebelum kita menjahit kita harus Tau istilah-istilah didalamnya seperti, Topping, battingbacking,basting,sashing,birder,binding, block dll.

Nah kita tuh harus kenal satu paket bahan dan alat-alatnya, bagai mana cara memotong, memilih kain menyambungkan menjadi satu, tehnik-tehnik dasar menjahit. Dan untungnya Mba Astri sudah menggabungkan polanya dan kita tinggal menyusun dan menjahit.

 

Cara Membuat Quilting : 

  • Ambil bahan dengan berbeda corak, Gunting dengan sesuai pola yang kita inginkan.

  • Jahit satu sisi dengan sisi yang lain hingga membentuk kotak/ sesuai pola yang diinginkan
  • Bahan yang sudah kita jahit kita gosok agar jaitanya menjadi rapih dan mudah saat kita tempelkan dengan vislin. Setrika bahan dan vislin hinggan metekat/ menempel.
  • Kita juga bisa melapisinya menggunakan dacron atau busah, lalu menjahitnya agar menyatu
  • Setelah itu susun bahan dan satukan ( sisi tengah jangan dijahit untuk memasukan bantal) jaihit sisi demi sisi kembali dan kini Quilting sarung bantal siap di gunakan

 

Bahan kita untuk membuat sarung bantal Quilting bisa didapatkan di ZY Textile, selain memiliki bahan yang berkualitas juga memiliki banyak corak. Bagi yang tidak memiliki waktu tapi ingin tetap belajar atau menyalurkan hobi sekarang tidak usah repot-repot karna kita bisa membeli semua bahan dengan sistem online, aplikasinya bisa kita download secara geratis loh.

Satu lagi nih tadikan aku bilang belajar Quilting dengan modal nekat, tapi itu nggak cukup. Kenapa ak paling males menjahit karna memasukkan benang ke jarum jahit aja susah, tapi dengan menggunakan Mesin Jahit jenis portabel Brother GS2500 kita mengurutkan benang dan memadukan jarum hanya dengan hitungan menit sangat praktis. Mesin jahit Brother produksi industri Jepang, yang memiliki 25 fungsi pilihan pola menjahit yang dapat kita gunakan dalam satu mesin, sangat mudah digunakan, praktis, tidak makan tempat dan listriknya rendah.

Nah yuk kita berkreasi bikin sendiri Quilting untuk memperindah rumah kita dengan hasil karya kita sendiri See You… 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *