Berikan Contoh Terbaik Untuk Sikecil “Juara Hebat Kebaikan”

Assalamualaikum… Selamat Pagi Bunda Bagai mana kabar Sikecil hari ini?, Pastinya banyak sekali kreativitas yang suadah mereka buat ya. Mau cerita nih Bunda, waktu acara pesanten Kilat di sekolah ade Banni banyak sekali kegiatan yang dilakukan dari menggambar, Tadarusan membaca surat-surat pendek dan yang paling seru mereka belajar bikin kartu lebaran dan diberikan untuk orang terkasih.

Berhubung  Saat acara pesantren kilat semua Bunda-bunda tidak boleh mendampingi jadi aku putuskan untuk pulang saja dahulu kerumah kalo sudah waktunya pulang baru kesekolah nanti kan lumayan buat beres-beres dan bikin cemilan untuk berbuka puasa nanti, Oh iya anak-anak semua usianya sekitar 4-6 tahun dan yang mengejutkan mereka semua puasa ada yang sudah satu hari full dan baru belajar setengah hari (jam 12 lalu lanjut puasa lagi). Miss Tinah memberi tahu kalo anak-anak dianjurkan membawa bekal makana untuk nanti jam 12 berbuka puasa, Boleh bawa snack atau makanan pokok yang penting kesukaan anak-anak deh.

Jam sudah menunjukan pukul 15.00 sudah waktunya menjemput Banni ke sekolah Tk, Sesampainya disekolah sudah banyak wali murid yang menjemput, seperti biasa saya siap mendengarkan semua cerita keseruan hari ini Banni disekolah “Bunda tadi seru deh bikin kartu lebaran terus aku tulis kartunya untuk Bunda, tadi ada teman yang puasa satu hari besok banni mau coba satu hari ya bunda” celoteh Banni saat berjalan pulang kerumah.

Sesampainya dirumah aku mulai Cek Hp takut ada pesan masuk yang penting ternyata memang ada dari Ibu temanya Banni sekolah “Bunda Banni terima kasih ya tadi Dimas lupa bawa bekal makanan, dan Banni tadi ngasih Roti sama susu untuk Dimas Salam untuk Banni terima kasih”. Sambil berfikir tadi banyak sekali yang banni ceritakan aktifitas di sekolah hari initapi kok yang ini dia nggak cerita ya, “Banni kamu dapet salam tuh dari Mama Dimas katanya Bilang terima Kasih, memang terima kasih apa sih dek??” tanyaku pura-pura Tidak tau.

Sambil agak sedikit ragu Banni cerita “Oh tadi ak kasih makanan ke Dimas soalnya dia lupa bawa bekal makan untuk buka puasa” jelas Banni “Kok Ade nggak cerita ke Bunda??” tanyaku, “Kata Bunda yang namanya kebaikan itu tidak boleh kita ceritakan keorang lain, saat tangan kanan memberi yang kiri di umpetin”  Ya ampun pelajaran kecil yang aku contohkan untuk anak-anak ternyata mereka rekam dalam merori kecilnya rasanya bangga memiliki Super Boy yang Insyaallah menjadi anak yang Bijaksana.

Jakarta, 17 Juni 2017, Bertempat Di Patio Trattoria. Anak hebat adalah anak yang memiliki kecerdasan intelektual (cepat tanggap) dan kecerdasan emosional (kebaikan hati). Sebagai seorang Ibu, Kita pasti mendambakan dan selalu mendukung ia agar tumbuh menjadi  anak yang hebat. Berangkat dari situasi itu, Bebelac mengadakan kegiatan “Juara Hebat Kebaikan” untuk menginspirasi Para Orang tua berkegiatan positif bersama sang Buah hati, sekaligus peluang bagi anada untuk mengajarkan makna kebaikan kepada sang buah hati.

juara hebat kebaikan ini bertujuan untuk mendukung kita selaku orang tua memberikan stimulasi yang tepat kepada sang bauh hati agar ia menjadi anak yang hebat. selain itu,  dengan berpartisipasi dalam Juara Hebat Kebaikan, dari setiap anak yang melakukan aksi hebat kebaikan amaka akan ada satu donasi yang diberiakan untuk rumah yatim.

Saat Regristrasi kemarin Abang Raihan diberikan dua pinsil warna dan dua buku ganbar, bertujuan yang satu buku gambar dan pinsil warna di berikan kepada salah satu anak dari “Rumah Yatim” yang berada disana, Bebelac juga mengundang adik-adik dari “Rumah Yantim” untuk berbuka  puasa bersama. Dari sini Bebelac ingin menyampaikan pesan bahwa dengan memberikan contoh kepada anak secara tidak langsung kita menyuruh mereka untuk berbagi dan saling tolong menolong.

Bagai mana sih cara mengajarkan dan menumbuhkan nilai kebaikan kepada anak sejak dini? Bisa  dimulai dari kegiatan sehari-hari di rumah, misalnya dengan melibatkanya dalam pekerjaan rumah tangga,memberi contoh baik kepada anak, mentranfer nilai-nilai dalam bentuk pembicaraan yang sesuai dengan usia anak dan memberikan dukungan dan penghargaan atas aksi kebaikan yang ditampilkan anak dengan memberinya pujian, seperti pujian secara vebral.

Nutrisi juga sangat diperlukan oleh anak dalam tumbuh kembangnya, dan mendukung perkembangan intelektual dan emosional anak. Dibutuhkan juga nutrisi yang tepat sesuai dengan masa tumbuh kembangnya, Nutrisi yang baik adalah yang mengandung minyak ikan, asam linoleat serta vitamin dan mineral, dimana semuanya ini bisa didapatkan dar menu makanan yang seimbang serta Susu.

Dalam mengembangkan rasa peduli anak agar ia menjadi “Juara Hebat Kebaikan” Binky Paramitha Psikolog dari Rumah Dandelion berpendapat bahwa juara hebat kebaikan memberi dukungan dan inspirasi bagi ibu untuk menumbuhkan keseimbangan kecerdasan intelektual dan emosional anak, sekaligus mengajarkan nilai-nilai kebaikan untuk membentuk karakter anak yang hebat.

  1. Percaya Diri. Buat anak menjadi lebih percaya diri dengan apa yang mereka lakukan, sebagai orang tua memberi dukungan sangat lah penting biarkan mereka mengembangkan pola pikirnya, dan sebagai orang tua cukup mengarahkan, Berikan sedikit pujian jika mereka melakukan satu kebaikan.
  2. Adaptif Terhadap Lingkungan. Anak yang di ajarkan untuk melakukan perbuatan baik sejak dini cenderung tidak memiliki sifat agresif. anak puan akan lebih mudah menyesuaikan diri di lingkunganya.
  3. Mampu Berkolaborasi. Biarkan anak bermain di luar (dalam Pengawasan) saat mereka bermain disinilah ada satu pembelajaran, mereka akan dapat berbagi dan bermain berkelompok disinilah akan timbur saling kerjasama (koperatif) dengan orang lain.

Dari beberapa langkah tersebut adalah modal dasar  anak terbentuk menjadi pribadi Juara Hebat Kebaikan untuk nantinya, sangat penting membangun hubungan dengan orang-orang disekitarnya.

 

Comments

  1. Alhamdulillah, mumpung masih kecil ya, harus diajarkan banyak banyak nilai kebaikan. Supaya besarnya nanti jadi manusia dewasa yang penuh toleransi, empati dan simpati ke sesama.

  2. Bani hebaat! Kebahagiaan orangtua itu adalah ketika semua nasehat dan pesan-pesan kebaikan yang kita sampaikan itu didengarkan dan dijalankan oleh anak. Duuh, adem banget rasanya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *