Gerakan Nasional Revolusi Mental #ayoberubah2017

Jadilah Pengguna Media Sosial yang Cerdas

Dalam konteks Indonesia, istilah Revolusi Mental Pertama Kali dicetuskan Presiden RI Pertama Ir. Soekarno dalam pidato kenegaraan memperingati proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1957. Revolusi Mental ala Soekarno adalah semacamgerakan hidup baru untuk menggembleng manusia Indonesia menjadi manusia baru yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali dan berjiwa api.

Apa itu Revolusi Mental..

  1. Adalah gerakan nasional untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap-sikap, nilai-nilai, dan perilaku Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian.
  2. Dengan kata lain dapat disebut sebagai “Gerakan Hidup Baru Bangsa Indonesia”
  3. Bertumpu pada tiga nilai-nilai dasar integritas. etos kerja, dan gotong royong.

Nggak perlu berfikir ribet soal judul yang di atas, kita bisa kok mulai dari hal kecil di sekitar kita misalnya coba buang sampah pada tempatnya “yang di mkasud tempatnya itu ya Tempat Sampah” bukan pojokan gang atau saat naik angkol kalian main buang aja tuh sampah, kalo belum bisa menemukan tempat sampah cukup kamu taro ada dulu ke dalam tas nah nati kalo sudah nemu “Tempat Sampah” baru kamu buang Mudah kan.

Hindari deh itu yang namanya merokok selain merugikan diri sediri karna nggak bagus buat kesehatan lebih baik uangnya kamu tabung, STOP coret-coter dinding ditempat umum, boleh saja berkarya bikin karikatur atau gambar yang keren banget tapi nggak harus di dinding taman kota atau bawah jembatan kan. Coba usul ke pemerintah minta bikinin dinding yang gede buat kalian berkarya.

Masih Zaman ya merayakan kelulusan  dengan mencoret-coret baju sekolah, jujur waktu gw SMP ngelakuin juga kok tapi gw SMU tenang gw udah insaf karna sayang bajunya bisa buat adik atau saudara kita yang membutuhkan. Jangan kalian teruskan tuh “Generasi Mencontek” sumpah nggak banget dehh mau sampai kapan coba kalian nyontek.

Sebagai pengguna Internet Kita juag harus bijak dalam menggunakanya, terkadang kita tuh berfikir bagai mana sih atau apa yang dimaksud “Bijak Dlam Berinternet”. Penguna internet di Indonesia sampai tahun 2014 mencapai 82 juta orang (kominfo.gi.id). Drai jumlah penguna Internet tersebut sebagian besar hanya memanfaatkan media sosial ( Facebook dan Twitter). Mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah sangat akrab dengan media ini yang bisa dengan mudah dan murah diakses baik mengunakan perangkat komputer maupun Handphone.

Teknologi apapun bentuknya selalu mempunyai dua sisi yang berlawanan yaitu sisi positif dan negatif. Begitu pula internet dan seluruh kontennya termaksud media sosial banyak selai efek buruk dan tak terhingga pula manfaat yang dapat kita peroleh dari Internet.

Diantara dampak negatif internet dan media sosial adalah penyebar kebencian, pornografi, kekerasan seksual, penipuan dan banyak lagi, namun tinternet banyak sekali sisi positifnya banyak juga ilmu yang kita dapat gali melalu internet jadi kita harus pintar-pintar menggunakan internet,

Ayo Jadi Pengguna Media Sosial Yang Cerdas.

Dalam penggunaan media sosial banyak hai-hal yang perlu diperhatikan agar menjadi sebuah manfaat yang baik untuk kita dan untuk orang lain.

  • Narasumber atau Sumber Belajar, Jadikan media sosial sebagai tempat berbagi atau menerima informasi. Jika kamu hanya membaca atau menulis status saja, kamu akan kehilangan manfaat dar media sosial itu sendiri.
  • Berfikir Dahulu, Jika kamu mem-posting pendapat boleh saja, tapi pastikan tidak untuk menjelekan pihak tertentu atau kamu akan terjerat kasus pencemaran nama baik, ingat UU ITE yang harus kamu perhatikan. SElain itu sebelum memposring ada baiknya kamu juga teliti terhadap tulisanmu.
  • Teman Baru, Gunakan media sosial untuk mencari teman baru atau memperluas jaringan koneksimu. Namun, hindari terlalu terbuka tentang dirimu, kepada orang yang baru dikenal. Jangan memberikan identitas dirimu (KTP/tanda pengenal) jika ingin melakukan percakapan bisa melalui “private messager”
  • Pesan Positif, Jika kamu ingin memposting pada media sosial sebaiknya buatlah postingan dengan konten positif. Karena timeline media sosial kamu dapat memprediksikan sipa diri kamu sebenarnya.
  • Akreditasi, Jika ingin mengutip atau mengulangi status seseorang, ada baiknya beri akreditasi dengan akunya, jika diperlukan bisa minta izin terlebih dahulu dengan “Private message”
  • Nama Asli, Aduh sebenarnya ini bisa dibilang sentilan untuk saya pribadi ya, Nama asli bisa menjadi keberuntungan untuk bertemu teman-teman lama atau untuk relasi bisnis. Karena jika kamu menggunakan identitas palsu, ada kemungkinan  akan terjadi “unfriend” atau teman tidak mau menerika undangan pertemananmu.
  • Hindari HOAX, SPAM, Curhat berlebihan, Membully, Berikut ini beberapa hal yang tidak perlu dan tidak boleh dilakukan, kabar yang tidak benar entah dari mana keberadaanya sebaiknya tidak disebar luaskan karna bisa jadi orang tidak percaya dengan kamu lagi. Mengirimkan pesan yang terus menerus, hal ini dapat teman-temanmu kesal sebaiknya jangan terlau Spam atau kau akan kehilangan teman. Media sosial memang tempat yang asaik untuk berbagi tapi kalo soal curhat adauhh nggak usah lebai ya dan nggak perlu semuanya kamu tulis itu bikin orang mual dan satu lagi nih Bully mem Bully tidak hanya ada di dunia nyata tapi dalam media sosial juga ada loh tolong jangan lakukan ini.
Para Narasumber Kita

    Jadi sekarang kalian mau menjadi pengguna media sosial seperti apa? mau membuat sampah di akun kalian atau bikin banyak ilmu dan share sebanyak mungkin ilmu yang kalian sudah dapatkan. Pastinya jadilah pengguna Media sosial yang bijak mari kira sama-sama “Gerakan Revolusi Nasional Mental” menjadi manusia yang lebih baik di media sosil dengan cara tidak menyebarkan HOAX dan MEMBULLY #AyoBerubah2017

    Comments

      1. kita harus cari celahnya mba, misalnya kita main di kata-kata biar nggk keliatan buzzer, yah pintar -pintar kita deh

    1. Setuju banget sama tulisannya, skrg tuh harus banget bijak bermedsos, udh gitu ga zaman ya coret coret baju abis lulus, kan disumbangin lebih berfaedah 😊

    2. Revolusi Mental dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal baik yang simple. Setuju, Mbak! Buang sampah di tempat sampah, budayakan antri, sopan, dsb

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *