Cara Mencegah Gigi Sensitif Datang

Siapa yang Hobi banget  jajan, kulineran dan nyamperin yang namanya rekomendasi kuliner, uuhhh  itu sama semuanya judulnya doyan makan doyan jajan. Suka banget dapet rekomendasi kuliner yang ajib dan harganya terjangkau, tapi kalo saat dapet rekomendasi resto atau tempat makan yang harganya lumayan tunggu dulu kita kumpulin tuh sisa uang belanja nah baru cuzz deh kesana.

Selain rekomendasi dari teman banyak tuh liat dari postingan di Facebook, Instagram dan kawan-kawan Blogger rasanya tuh nggak nahan deh. Pernah ada satu momend yang tak terlupakan ada satu tempat jajanan kuliner es pelangi yang aneka rasa manis dan enak banget di tambah aneka macam toping dari jelly, kacang hijau, ketan hitam, buah atap, pacar cina dan beberapa potongan buah pasti kalian membayangkan dong betapa nikmat dan segernya es pelangi itu.

Lagi asik menikmati es pada suapan ke 3 ya ampunn kok gigi ini ngilu banget, langsung lari ke kuping dan kepala rasanya cenut-cenut. Jujur ini sangat mengecewakan banget, walau kita nggak pernah tau kapan si gigi sensitif itu datang.

Tentang gigi Sensitif dan Penyebabnya

  • Hipersensitivitas, atau gigi sensitif, adalah masalah gigi umum yang dapat berkembang dari waktu ke waktu sebagai akibat masalah yang umum seperti resesi gusi dan erosi enamel gigi.
  • Kebanyakan penderita gigi sensitif berusia antara 20-50 tahun
  • Gigi sensitif mulai terjadi ketika bagain dalam gigi yang lebih lembut, yang di sebut “Dentin” terbuka (terpapar dari luar)
  • Saat dentin terbuka, pemicu seperti makana atau minuman dingin, panas dan sebagainya dapat menimbulkan kesakitan pada gigi, yang mengakibatkan gejala nyeri yang kaut namun sesaat pada gigi sensitif.

Beberapa penyebab gigi sensitif yang umum ditemukan adalah:

  1. Erosi Enamel adalah permukaan terluar gigi yang keras, Meskipun lebih keras dari pada zat lain dalam tubuh, dari waktu ke waktu secara bertahap dapat terkikis dam membuat dentin di bawahnya, yang dapat menyebabkan gigi Sensitiv. Erosi enamel dapat terjadi karena terlalu sering menggeretakan gigi, menyikat gigi terlalu keras, atau mengkomsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam terlalu sering.
  2. Resesi gusi (penurunan gusi) merupakan salah satu penyebab utama gigi sensitif. menyikat gigi yang terlalu sering dan terlalu keras, menyebabkan penyakit gusi jangka panjang bahkan penuaan dapat menyebabkan resesi gusi, Saat gusi surut/turun, dentin dibawahnya dari waktu ke waktu secara bertahap akan terbuka (terpapar dari luar).

Penelitian Ipsos Indonesia tahun 2011 menunjukan 45% orang di Indonesia cenderung merasakan sakit pada saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin, panas, manis atau asam. 52% masyarakat tidak menyadari kondisi gigi sensitif yang dideritanya dan tidak berkonsultasi denagn dokter gigi secara reguler.

Cara merawat gigi sensitiv terbialang gampang-ganpang susah, pertama harus kalian lakukan adalah memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab serta metode apa yang diambil untuk melindungi serta memperbaiki keadaan gigi sensitif tersebut. Selanjutnya dokter akan merekomendasikan perawatan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengandung formula untuk mencegah rasa nyeri pada saraf gigi.

Kalo saat gigi sensitif mulai datang ngilunya hal yang pertama saya lakukan adalah ambil pasta gigi yang cocok dan di anjurkan untuk penderita gigi Sensitif yaitu “SENSODYNE Repair & Protect ” cukup ambil sedikit lalu oleskan di pusat gigi sensitif yang saat itu nyeri. Kenapa aky memilih pasta gigi ini karena SENSODYNE Repair & Protect adalah pasta gigi pertama berbasis fluoride serta mengandung NovaMin.

Novamin membentuk lapisan yang mirip denagn dentin alami, serta lebih tahan terhadap asam. Novamin juga membentuk lapisan pelindung diatas area sensitif pada gigi dan memberikan perlindungan lebih lama dengan cara menyikat gigi dua hari sekali. NovaMin tersusun atas kalsium, sodium, fosfat dan sillikat yang merupakan elemen alami penyusun struktur gigi.

Jadi jika gigi sensitif sudah tertangani dengan baik dengan pasta gigi yang terpercaya, kita bebas untuk makan atau minum dingin dan panas dengan catatan sehabis makan gosok gigi dengan SENSODYNE Repair &Protect.

Comments

  1. Sama dong kaya aku, kalo mknum dingin atau gosok gigi pake air dingin, gigiku ngilu banget. Trus ada temen yg saranin pake sensodyn, eh bener loh ga ngilu lg buat gosok gigi pake air dingin atau gigit es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *