Suami Ngidam, Saat Istri HAMIL, Wajarkah??

Perempuan dilahirkan dalam tiga kali rengkarnasi, yang pertama saat mereka hadir kedunia menjadi seorang anak, kedua ketika ada seorang laki-laki datang untuk meminangnya menjadi seorang istri dan yang terakhir saat yang membahagiakan ketika perempuan itu mengandung dan melahirkan jadilah dia seorang ibu dari anak-anak yang lucu. Walau untuk menuju ketiga tahapan itu bukan hal yang mudah, semuanya perlu proses begitu juga saat perempuan hamil pastinya mereka melewati yang disebut “Ngidam”.

Sudah pernah mengandung dan melahirkan Super Boy adalah hal yang sangat membahagiakan, ya walau saat kehamilan di trimester 1-5 jujur aku ngidamnya luar biasa, makanan susah sekali masuk dan ketika sudah tertelan pasti ditolak oleh perut dan muntah. Nah saat suami mendekat aduh kok sepeti ada bau yang tak enak hingga suami kalo mau deket harus mandi dulu bahkan bisa 5 kali mandi dalam sehari uhh kasihan.

Jangan Lupa ya Datang Banyak ilmu dan edukasi yang akan Kita Dapatkan

Dijumpai pada Media Gathering Festival Ngidam SGM Bunda, Dr. Med. dr.Damar Prasmusinto, SpOG (k), memaparkan bahwa  ngidam adalah hal wajar bagi bunda hamil, biasanya dipicu oleh meningkatnya peptida Opiod Endogen (POE). Di mana terdapat hubungan kuat antara POE dengan asupan makanan. Hal ini tentunya perlu dicermati oleh Bunda, karena sering kali bunda kesulitan untuk mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi.

Karna Bunda banyak memilih makanan, dan terkadang makanan yang masuk belum tentu memenuhi kebutuhan baby dalam perut loh. Karna baby hanya mendapatkan asupan Gizi  dari bunda seorang, kalo bunda sangat pemilih dan pola yang tak teratur akibatnya baby dalam perut akan kekurangan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhanya di dalam kandungan. Jika baby kekurangan nutrisi bisa-bisa baby yang lahir bisa berat badan kurang atau dibawa rata-rata pada umumnya, jaringan sel yang tidak sempurna terbentuk dan perkembangan otak tidak sesuai dengan umur baby.

Pasti Bunda Nggak akan menolak makanan satu ini

Ngidam pada ibu hamil sudah banyak kita dengar bahkan bisa dibilang wajar, kalo suami yang ngidam bagai mana ya apa bisa dan apa wajar suami ngidam si calon Ayah ini. Waktu anak ke dua suami sih berprilaku biasa aja ya tapi saat aku hamil anak pertama ya ampun suamiku tuh nggak bisa diem kerjaanya bebenah mulu setiap sudut rumah di beresin ada pakaian kotor langsung dicuci ngepel lantai satu hari bisa 2 kali apakah dia ngidam tempat bersih.

Menurut dr. Damar suami ikut ngidam adalah hal yang wajar saja terjadi, rasa khawatir suami kepada istri dan calon anaknya membuat tekanan tersendiri hingga timbul kegiatan yang tidak biasa dilakukan oleh suami si calon ayah.

Terkadang calon ayah juga suka mengalami “Morning Sickness” sama seperti ibu hamil pada umumnya, hal seperti itu sebenarnya sanggat wajar terjadi suami terkadang mengalami mual-mual, tambahnya berat berat badan,insomnia hingga mood yang ikut turun naik. untuk yang terjadi dengan suami atau calon ayah dalam kedokteran di sebut “Sindrom Couvade”.

Penelitian pada tahun 2005, diuangkapkan hampir 90% laki-laki mengalami hal tersebut saat istri mereka hamil. bahkan kecemasan mereka bisa meningkat, nafsu makan lebih tinggi sehingga jaringan lemak semakin banyak yang akan mengubah testosteron menjadi estrogen. Ketika estrogen meningkat makan mood swing mulai menunjukan bakatnya hingga mual-mual pun akan muncul, tidak jarang suami juga sering mengalami keram perut seperti ibu hamil pada umumnya.

Dulu saat saya hamil rasanya tidak karuan sulit tidur, kaki yang selalu keram dan iru juga berdampak pada suami yang juga kekurangan waktu tidurnya. Lalu bagai mana untuk menanggulagi hal tersebut agar mood pasangan Bunda dan ayah tetap baik dan tidak ada gesekan dalam melewati masa-masa kehamilan, untuk itu di adakan “Festival Ngidam SGM Bunda”.

 Festival Ngidam SGM Bunda adalah festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. kami hadir dengan serangkaian aktivitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk Bunda. Kami mengerti bahwa Bunda yang sedang ngidam kerap terkendala untuk menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang karena cenderung memilih makanan dan minuman tertentu. Padahal, pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang si kecil dalam kandungan dapat optimal, ujar Cristina Marketing Manager Nutricia Sarihusada.

Para Narasumber Yang Nantinya ada Di Talkshow Festival Ngidam SGM Bunda

Selain beragam edukasi tentang kehamilan, SGM Bunda ingin memberikan kenangan undah dan berkesan kepada Nunda disaat ngidam. Sehingga terdapat aktivtas seru lainya di dalam festivak Ngidam SGM bunda, pastikan bunda ajak juga suami tercinta ya, agar suami juga mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya soal kehamilan, ada apa aja sih di sana :

  • Ngidam Jajan, jajanan yang menghadirkan beragam sajian kuliner lezat dan bergizi.
  • Ngidam Dimanja, melalui serangkaian fasilitas perawatan kecantikan, pijat relaksasi, hingga terapi musik hamil.
  • Ngidam Eksis, dapat mengikuti fasion show bunda hamil, menyusui serta photo booth cantik.
  • Ngidam ketemu Artis, ayo siapa sih yang nggak mau ketemu pasangan muda Alyssa & Dude Herlino ada juga Judika yang memiliki suara merdu.

Tidak hanya hanya itu nanti Bunda dan Ayah juga bisa berkonsultasi seputar kehamilan dan nutrisi oleh para ahli disana, dan bagai mana menyusun keuangan untuk hadirnya buah hati tercinta dan tidak ketinggalan ada senam hamil juga bagai mana menyusun menu yang sehat dan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui. Jadi tunggu apa lagi bawa pasanganmu untuk hadir di “Festival Ngidam SGM Bunda” 2-3 September 2017 di Summarecon mall Bekasi. Sampai jumpa Besok ya…..

 

Comments

  1. Huahaha kasian amat itu suami hrs stanby dikmr mandi terus klo mo dkt istrinya. Megang sabun aja biar wangi terus. Emang yak ngidam beda beda. Beda kehamilan beda juga yg dialaminya.

  2. ngidam itu ternyata ada penjelasan ilmiahnya.. itu adalah dorongan memenuhi status gizi ibu hamil.. heheeh selama yang diidam idamkan hal yang logis harus dipenuhi ya

  3. Adik saya begitu, Chi. Waktu dia hamil, yg pertama ngidam malah suaminya. Badannya gak enak, gak enak makan/minum malah suaminya. Adikku mah apa aja dimakan. Waktu mau melahirkan juga begitu. Tanda2 awal malah suaminya yg mules, bahkan pernah sampai hampir pingsan. Eh, ternyata adikku udah mau melahirkan. Tp waktu melahirkan, tetep adikku yg ngerasa sakit, sih 😁😁

  4. Sama dengan pengalaman ku pas waktu hamil dulu kalo sudah dekat sama suami dan mencium aroma badannnya rasanya pengen muntah dan gak mau dekat2 ,dan ternyata sekarang anakku persiis banget kayak ayahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *