Gemilang Perpustakaan Nasional 2017, Budayakan Gemar Membaca Buku

Selamat pagi… Bunda sudah berapa buku yang kalian baca hari ini. Kalo saya dulu sebelum terlalu kenal dengan internet membaca buku cukup membutuhkan waktu 3 hari, ya walau buku yang biasa saya baca hanya cerita-cerita ringan seperti petualangan, kisah romantis dan misteri. Tapi jangan salah ya bunda, kita boleh kok membaca buku apapun asal kita kongsisten dalam membacaya terkadang di waktu me time saya akan isi dengan membaca buku kesukaan.

Minimnya minat membaca buku pada anak-anak,  dikarenakan kita sebagai orang tua tidak pernah memberikan contoh pada mereka tentang asaiknya membaca buku. Percaya nggak bunda istilah “Buah jatuh tidak jauh dari Pohonya” apa yang anak lakukan dan kerjakan itu semua mengikuti apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar. Jadi berikanlah contoh positif kepada anak-anak, misalnya membaca buku dan ajak mereka pergi ke toko buku biarkan mereka memilih sekiranya buku apa yang akan mereka baca.

Dan malam ini saya bersama teman Blogger lainya mendapat kesempatan yang sanagat luar biasa, mendapatkan undangan untuk menghadiri Penobatan Pustakawan Terbaik dalam acara “GEMILANG Perpustakaan Nasional”. Bertempat di Balai Sarbini, semua undangan memakai baju batik yang memang menjadi dresscode pada malam hari ini, sempat berbincang ringan dengan undangan yang datang. Mereka ada yang datang dari Bandung, Nusa tenggara Barat dan daerah lainya. Sebelum acara dimulai, diawali dengan makan malam, yang menarik disini adalah kita disajikan makana nusantara dari empal gentong has cirebon, Laksa Betawi dan snack aneka jajanan pasar. Benar-benar Indonesia banget deh.

Ada yang atau apa itu Pustakawan, Pustakawan adalah seorang yang melaksanakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberi pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang dimilikinya melalui pendidikan (kode etik ikatan Pustakawan Indonesia). Dengan kata lain pustakawan atau librarian adalah seorang tenaga  kerja bidang perpustakaan yang telah memiliki pendidikan ilmu perpustakaan, baik melalui pelatihan khusus, seminar, maupun dengan kegiatan sekolah formal. Dan pustakawan ini orang yang bertanggung jawab terhadap gerak maju roda perpustakaan.

Dan kemarin malam ada beberapa tokoh  Politisi , Tokoh Masyarakat, dan Birokasi yang peduli pada dunia literasi. Dengan tema  “Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2017”. Malam ini akan diberikan  penghargaan kepada masyarakat yang berjasa dalam meningkatkan minat baca, ada beberapa kategori penghargaan yang diantaranya adalah:

  • Masyarakat (Nugra Jasadarma Pustaloka)
  • Tokoh Masyarakat/Birokrata (Nugra Jasadarma Pustaloka)
  • Media Massa (Nugra Jasadarma Pustaloka)
  • Pelestari Naskah Kuno (Nugra Jasadarma Pustaloka)
  • Pemilihan Buku (Pustaka) Terbaik 2017 (Nugra Jasadarma Pustaloka)
  • Lifetime Achievement  (Nugra jasadarma Pustaloka)

“Betapa pentingnya Perpustakaan, betapa pentingnya buku dan betapa pentingnya membaca bagi rakyat Indonesia, dengan membaca kita membuka wawasan dan akan sangat mudah untuk merangkul dunia” Ujar Bapak Syarif Bando MM. Kepala Perpusnas.

Bunda terkadang kita selalu memberi reward kepada anak-anak tercinta, dan banyak hal yang akan mereka minta dari maina kadang juga tamasya. Tapi apa Bunda pernah berfikir untuk membawa mereka pergi ke toko Buku?, ajaklah buahhati kita setidaknya satu bulan sekali ke toko buku. Biarkan mereka memilih buku kesukaan mereka yang nantinya akan mereka baca, biarkan anak-anak mulai mencintai buku sebagai pengisi waktu luang mereka.

Selain penghargaan diatas juga ada loh pengumuman bermacam-macam lomba, salah satunya yang membuat saya merasa bangga adalah “Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Tk. Nasional”. Coba bayangkan bunda, jika anak kita kelak menjadi juara uhhh betapa bangganya kita. Untuk mencapai semua itu hanya satu kuncinya yaitu “Dengan Membaca”.

Putar Nababan (Senior Jurnalis), dan Nazua Sihab ( Duta Baca Buku). Mereka berdua adalah salah satu contoh orang Indonesia yang memiliki reputasi yang sangat membanggakan, Siapa sih yang tak kenal mereka yang berawal dari pembaca berita di Tv hingga kini mempunyai gelar sebagai duta. Hanya satu kuncinya untuk mencapai satu kesuksesan yaitu dengan membaca, membaca dan membaca.

Banyak hal positif yang bisa diperoleh dengan membaca, antara lain :

  1. Dengan membaca bisa memanjangkan umur.
  2. Dengan membaca menjadikan seseorang tidak gampang stress.
  3. Dengan membaca memulihkan jiwa ( healing the soul).
  4. Dengan membaca tidak membuat pikiran cepat pikun.
  5. Dengan membaca siapapun mendapat ilmu, atau imajinasi berkembang. ( Terang Najwa)

Pembinaan minat baca merupakan modal dasar untuk memperbaiki kondisi minat baca masyarakat saat ini. Perpustakaan adalah media penerang terhadap perkembangan intelektual masyarakat. Kian sering masyarakat memanfaatkan perpustakaan, akan muncul sikap kritis dan koreksi terhadap hal yang merugikan. Informasi yang terkadang dalan suatu bacaan mampu memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pengalaman manusia.

Untuk memastikan hal tersebut, yang pertama dibangun adalah kesadaran betama pentingnya membaca bagi pengembangan kualitas diri. Banyak yang belum meyakini secara utuh bahwa membaca adalah jalan menuju kesuksesan. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak mempunyai semangat membaca tidak akan menjadi orang yang berhasil, tidak terbuka wawasan, pengalaman maupun pemikiran karena sejatinya dunia berkembang dengan imajinasi yang salah satunya diperoleh dengan keaktifan membaca.

Dan bagaimana harimu kini akan menentukan masa depan mu kelak, budayakan membaca 1 hari 20 menit. Jika tidak bisa mulailah pagi hari 5 menit, siang hari 5 menit, dan diwaktu luang 10 menit. Selamat membaca dan sukses selalu

 

 

Comments

  1. Saya dari kecil suka baca..dan dulu punya banyak koleksi komik..beralih ke remaja suka novel..dan hobi saya membaca menular ke anak saya yg pertama..membaca itu fun banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *