Mengenal Lebih Dekat Dengan Karakter Susu, Untuk Keluarga Tercinta

Sore Bunda, paling enak tuh kumpul dengan teman-teman ya. Kali ini saya kumpul dengan Blogger cantik, namanya juga Blogger kumpulnya pasti membahas satu hal yang pastinya menarik. Sambil ngopi cantik kali ini kita akan bahas seputar parenting, terkadang kita sebagai orangtua tentunya ingin semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta.

Waktu super boy masih kecil alhamdulilah mereka berdua katam dengan asi, ya walau abang raihan hanya mendapatkan asi  delapan bulan, sedangkan banni sampai wisuda yaitu 2 tahun pas. Bunda pemberian asi sangat penting loh untuk asupan pertama untuk anak, saya rasa bunda semua sudah tau kandungan apa saja yang terdapat pada asi. Saat anak pada usia 0-12 bulan, makanan yang terbaik bagi mereka Adalah asi. Setelah anak usia 6 bulan baru boleh di berikan MPAsi ( makanan pendamping asi).

Terkadang semakin usia anak bertumbuh  besar, mulailah kita para bunda menjadi galau. Yang mereka pertanyakan sudah cukupkah asupan gizi anak kita dan, kira-kira susu apa yang terbaik untuk anak kita. Semuanya serba terbaik untuk anak. Setelah sudah siap untuk makanan pertamanya yaitu MPAsi, Bunda harus cermat dalam memilih bahan makanan yang nantinya dikomsumsi oleh sikecil.

Setelah anak berusia 6 bulan, makan mereka sudah siap untuk mendapatkan pangan pertamanya sebagai pendamping ASI. untuk memenuhi kebutuhan gizinya, dan tiadk sepenuhnya ASi dapat memenuhi kebutuhan gizi pada anak, semakin bertambahnya usia anak makan semakin banyak kandungan gizi yang mereka butuhkan. Makanan bayi yang sehat adalah makanan yang dibuat sendiri oleh bunda dirumah atau home made.

Makanan yang dibikin sendiri dirumah  sudah terjamin dari nilai gizi, kebersihan dan lebih bervariasi. Saat memberikan makan pada anak untuk pertama kali, kita harus memberikan sedikit demi sedikit. Biarkan anak terbiasa dengan tekstur dan rasa makanan, jangan paksa anak jika mereka tidak ingin menghabisi makananya yang ada nanti anak akan trauma saat waktunya makan. Buatlah suasana yang bahagia saat anak makan, pastikan anak selalu nyaman saat mereka makan.

Lalu jika kita sudah membuat semua olahan makanan sendiri dirumah, memilih bahan yang berkualitas dan pengolahanya yang baik tentunya makanan yang hasilkan mempunyai nilai gizi yang baik. Lalu jika kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik apa masih diperlukan tambahan susu pada daftar makanan anak??. Yuk kita cari tau seberapa penting susu untuk nutrisi anak dan ada apa saja di dalam kandungan susu, sudah ada Dr. Martin dan teman-teman dari Komunitas ISB.

Banyak tersebar di masyarakan berbagai merek susu, dari yang harganya terjangkau hingga yang terbilang lumayan menguras kocek para bunda. Di Indonesia bahkan mungkin di dunia susu terbagi menjadi 3 kategori yaitu Susu Bubuk (formula), Susu UHT dan Skim.  Sebelum memutuskan susu mana yang lebih baik diberikan kepada anak, sebaiknya ketahui terlebih dalu apa bedanya susu UHT, Skim dan Formula.

Susu UHT, (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat celcius) dalam waktu yang singkat selama2-5 detik. Pemanansan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membuhun seluruh mikroorganisma 9baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar.

Pengemasan susu UHT  dibikin multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri tidak mudah masuk kedalamnya. kemasan multi lapis ini juga kedap cahaya, sehingga cahaya ultra violet tak akan mampu menebusnya. Dengan kemasan yang praktis memudahkan kita saat membawa dan meminumnya kapan saja.

Susu Formula, adalah susu yang diproses dari susu sapi segar baik atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. susu bubuk berasal dari susu  segar yang kemudian dikeringkan, umumnya  menggunakan spay dryer atau roller dryer. Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk.

Masa penyimpanan susu bubuk juga tergolong lama, maksimal 2 tahun, tentunya dengan penanganan yang baik dan benar. susu bubuk dapat dikelompokan menjadi tiga jenis yaitu, susu bubuk berlemak (Full cream milk powder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder), dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder).

SKM, Susu kental manis adalah susu sapi yang kadar airnya dihilangkan dan ditambah gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya. Susu kental manis ini sangat tidak cocok untuk diberikan kepada bayi atau anak-anak, karena susu jenis ini bukanlah susu jenis gizi seimbang, terlalu banyak mengandung kalori dari pada zat gizinya. Susu jenis ini lebih tepat digunakan sebagai penambah citarasa makanan atau minuman yang biasa kita sebut sebagai toping.

Susu kental manis mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi, lebih tinggi dari susu yang lainya. Salah satu dampak bila rutin meminum SKM  adalah obesitas yang berpengaruh buruk pada diabetes, strok, bahkan jantung.  Jadi bunda jangan terkecoh ya, SKM bukan susu. tapi SKM di buat untuk toping makanan.

Bunda, memberikan nutrisi yang terbaik untuk keluarga tercinta adalah lah yang paling mulia, tapi ingat selain nutrisi anak-anak kita juga membutuhkan kenyamanaan dalam hidupnya… Selamat Sore…

Comments

  1. Setelah tahu karakter susu harus lebih tahu karakter anak ya? perlu dipaksa nggak minum susu? Karena nggak minum susu bukan berarti nggak bisa tumbuh and berkembang ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *