“Be A Tough Women” Cegah Kanker Payudara

Sebagai perempuan yang super sibuk dengan kewajiban yang harus kita tangani, dari mengurus rumah tangga dan ada juga yang pekerja kantoran. Terkadang mebuat hidup kita tidak beraturan dari pola makan yang salah hingga jam tidur yang tidak menentu. Dari sini akan timbul penyakit yang tanpa kita sadari akan mengerogoti hidup kita.


Kanker Payudara, Seperti badai tipan yang terkadang kita tau tanda-tandanya, namun sakin cueknya kita tidak menghiraukan semua tanda itu, Sadari (cek payudara sendiri) kampanye itu sering sekali kiata dengar tapi jarang kita lakukan, yah mungkin terlalu menyepelekan akan suatau hal yang tidak begitu penting. Bersama Azzlam.com, adalah sebuah media online muslimah, yang membahas mengenai bermacam hal seperti kesehtan, bisnis, gaya hidup yang dilihat dari mata islami. Kali ini kita cari tau apa sih kanker payudara itu dan apa bisa di obati.

Dalam tubuh manusai banyak sekali sel-sel yang terus tumbuh dan berkembang dan membiakan dirinya. Dan sel-sel ini yang nantinya akan menggantikan sel lama yang sudah tidak berfungsi dengan normal/rusak. Tubuh yang begitu pintar akan memperbarui sel-sel tersebut, namun tidak halnya dengan Kanker , terjadinya mekanisme yang mengakibatkan sel-sel tubuh yang membagi dirinya secara liar. Sel yang baru ini terbentuk dengan tidak sempurna/normal. Karena cepatnya dalam pembentukan sel baru lebih besar dari kebutuhan tubuh, maka akan terjadi kelebihan sel yang lama kelamaan akan membentuk tumor atau tumbuh didalam tubuh kira.

Dr. Arman Muchtar, SpB (Onk), Kanker payudara dapat timbul karna beberapa sebab dan diantaranya adalah riwayat keluarga/genetik yang memang sudah menderita penyakit tersebut, usia, (resiko pertambahan setelah usia 30 tahun), Hormonal, kegemukan, radiasi, sosialekonomi, etnis dan aktifitas fisik.

Cara mencegah Kanker Payudara :

  1. Menyusui, dengan menyusui anak anda dengan kurun waktu yang telah ditentukan, atau minumal satu tahun dengan itu anada secara total menurunkan terkena resiko kanker payudara.
  2. Berfikir positif dan tidak merokok, memiliki me time adalah salah satu faktor yang bagus untuk anda. kumpul dengan teman-teman dan waktu tidur yang cukup (7-8jam perhari). Hindari merokok, karna dengan merokok akan menimbulkan banyak penyakit dan membuat sel=sel dalam tubuh tidak beraturan sehinggal menyebabkan kanker.
  3. Menjaga Berat Badan, Beberapa dari perempuan agak susak sekali menjaga berat badan. Apakah anda termaksud dengan berat badan berlebih, yuk kita hitung BMI atau Body massa Index dengan cara berat badan (kilogram) dibagi kuadrat tinggi dalam meter, telah terbukti secra signifikan jika peningkatan BMI (lebih dari keadaan normal 25) akan meningkatkan terkena kanker payudara.
  4. Hindari Alkohol, alkohol adalah yang paling mapan untuk kanker payudara. 20-25% jika menkomsumsi setiap hari maka anda akan terkena kanker payudara lebih besar.
  5. Mengatur pola makan, salah satu cara yang baik adalah mengatur pola makan kita dan hindari mengkomsumsi jungfood, karna ini dapat memicu sel kanker berkembang lebih cepat. Komsumsilah sayur dan buah lebih banyak (brokoli, kubis, kecambah, kembangkol) salah satu jenis sayuran yang baik untuk tubuh dan antioksida dan wortel dan tomat salah satu sayuran yang lebih utama dikomsumsi setiap hari.
  6. Berolahraga secara teratur. luangkan waktu paling sedikit 15-30 menit perhari untuk berolahraga, banyak survey membuktikan dengan olahraga yang teratur membuat tubuh kita lebih kebal akan virus yang kemungkinan datang.
  7. Kurangi Lemak, jenis lemak dalam diet anda akan akan mempengaruhi resiko kanker payudara. Minimalkan komsumsi lemak omega-6, lemak jenih dan lemak trans. Maksimalkan asupan lemak omega-3, terutama dari minyak ikan (salmon,tuna, makarel, sarden). Mengkomsumsi minyak minyak tak jenuh tunggal minyak zaitun, kacang-kacangan/ biji alpukat). Sebagai lemak utama anda, karena makanan tersebut memiliki potensi sifat antikanker.

Hari ini kita juga membahas bagai mana menjadi Perempuan tangguh yang bisa belajar bisnis, dan mengatur keuangan agar tidak besar pasak dari pada tiang. Itu pepatah lama sih tapi sangat berlalu dalam hidup kita sehari-hari, dan nara sumber kita kali ini ada perempuan -perempuan yang berbakat dalam keahlianya masing-masing :

  • Ibu Lenny CEO koffie25
  • Ibu Ety Tejalaksana CEO Indonesia TIC
  • Ibu Tejasari CFP Tatadana & Business opportunity dari Twink salon Muskimah

Banyak sekali ibu rumah tangga yang khawatir untuk bekerja diluaran, selain waktu yang terkuras diluaran juga kendala dalam mengurus anak dan rumah. Disini tingakat kegalauan seorang Ibu diuji hihi agak lebay ya. Tapi jangan salah kita tetap bisa menghasilkan uang walau kita hanya seorang ibu rumah tangga, seperti membuka bisnis Online hanya membutuhkan internet dan distributor yang terpercaya kita sudah bisa memulai bisnisnya.

Seperti yang kita tau saat mulai untuk berbisnis nggak ada yang lancar semua ada pasang surutnya, kita harus tau celah yang pas untuk memasarkan produk kita dan tepat sasaran. Banyak baca, brosing adalah salah satu cara untuk mengembangkan sayap kita didunua bisnis. Seperti yang dilakukan mba Lenny awal memilai bisnisnya di Koffie25, dia mendatangi banyak cafe-cafe di jakarta, memberikan mereka sempel semua produknya dan yang pastinya kita harus mempunyai niat dan tekat yang kuat kalo bisnis kita ini akan berhasil.

Kejelakan perembuan tuh (walau tidak semuanya), susah sekali mengatur keuangan dan disini kita harus mulai belajar yang namanya pengeluaran dan pemasukan. Harus bikin pembukuan agar modal bisnis kita tidak tercampur dengan dana pengeluaran sehari-hari, dan pastinya kita harus mengelola keuangan secara benar kalo perli libatkan keluarga deh untuk membantu pembukuan bisnis kita.

Kesehatan sudah belajar memulai bisnis sudah, kali ini kita dapet bonus nih belajar bikin “Nastar jangung Jumbo”. Unik ya namanya ada jumbonya, pas dilihat ternyata emang beneran jumbo nastarnya jauh dari ukuran nastar pada biasanya. Mba Lindawaty membuka bisnisnya yang berawal dari hobi, keren juga ya dari hobi bisa jadi bisnis, dan produk pemasarannya juga dari online loh. Kita diajarain nih cara membuat nastar yang enak dan cara pengemasanya. Rasa Nastar jagung jumbonya enak dan tampilan kece, kalo mau resepnya tunggu di tulisanku berikutnya ya.. Sampai jumpa……

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *