NAPZA Harus Diberantas, Mari Kita Peragi Bersama

Narkoba atau Napza adalah bahan atau zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan atau psikologi seseorang (pikiran, perasan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Hari minggu lalu saya dan teman-teman lainya mengikuti acara CFD bertempat di sekitar bundaran HI.
Beberapa bulan lalu kita dihebohkan oleh adanya kasus peredaran obat PCC di kendari dan tertangkapnya 16 orang tersangka, dengan barang bukti yang tidak tangung-tanggung 5.428 yang terdiri dari 3.043 butir PCC, 1.647 butir  Tramadol, 738 butir promed dan uang tunai 7.666.000 rupiah.

Entah siapa yang memasok barang haram tersebut, jatuhnya korban tidak main-main 76 orang korban yang rata-rata sebagain pelajar dan menewasksn 2 orang. Semua korban berprilaku seperti layaknya zombi (mayat hidup) usai mengkomsumsi pil PCC (paracetamol, Caffeine,Carisopradol). Setelah mengkomsumsi pil tersebut mereka tidak dapat mengendalikan diri, berteriak-teriak dan berusaha melukai diri sendiri jujur waktu berita ini ditayangkan membuat seluruh badan saya merinding dan jadi lebih over proktektif pada pergaulan anak-anak. Kita sebagai orangtua harus tau siapa teman anak kita, biasa bermain dimana mereka, apa yang mereka lakukan.

Di acara CFD para peserta melakukan long march sambil mengkampanyekan mengajak masyarakat untuk perangi NAPZA dan ada juga mobil BPOM yang memperlihatkan seperti apa sih bentuk obat-obat ilegal dan yang tidak layak di komsumsi. Dengan tujuanya acara ini  pemerintah ingin mengajak masyarakat untuk cerdas dalam membeli atau mengkomsumsi obat-obatan, dan pastikan obat yang kalian minum itu anak dan sudah mendapatkan ijin dari BPOM.

  • Narkotika adalah suatu zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis  yang menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, menguragi dan menghilangkan rasa nyeri serta dapat menimbulkan ketergantungan secara fisik maupun psikologik jika salah dalam mengkomsumsinya.
  • Psikotropika adalah setiap bahan baik alami ataupun buatan bukan Narkotika, yang berkasiat psikoaktif mempunyai pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan prilaku.
  • Zat Adiktif adalah bahan lain yang bukan Narkotika atau Psikotropika yang merupakan inhalasi yang penggunaanya dapat menimbulkan ketergantungan, misalkan contohnya yaitu lem, premix, eter, aceton dan lain-lain.

Jadilah konsumen yang cerdas, jangan pernah membeli obat-obatan lewat media online. Kita tidak tau apakah obat itu aman untuk dikonsumsi, bagai mana dengan ijinnya apa ada BPOM atau komposisi yang jelas. Pastikan obat yang kalian beli itu atas resep dokter dan carilah apoteker yang terpercaya, sebelum mengkomsumsi ingat di baca ya dari kandunganya sampai tanggal expired.

Setelah kita mengelilingi bundaran HI, untuk menambah keseruan acara hari itu juaga ada zumba loh, peserta yang ikut berzumba sangat antusias rekan-rekan bloger juga ikut. Semuanya pada semangat nih, karna kita semua mengiginkan sehat jasmani dan rohani.

Kegiatan CFD di Bundaran HI selain masyarakat dan Blogger juga di hadiri oleh :

  •  Ibu Penny Kusumastuti Lukito, Kepala badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Bpk Sobri, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN
  • Ibu Azizahwati, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)
  • Kepolisian RI (POLRI)
  • Ibu Nuning Siregar KOWANI

Kalo kata anak jaman sekarang “Nggak ikutan tuh nggak Gaul” tapi sebelum kalian bisa bicara seperti itu nih saya kasih tau ya “Dampak Mengkomsumsi Narkotika” :

  1. Merusak Masa Depan Sendiri
  2. Merusak Organ tubuh (Hati dan Ginjal)
  3. Merusak susunan-susunan saraf pada tubuh
  4. Menimbulkan penyakit kulit, seperti bintik-bintik dan kudis
  5. Melemahkan fisik, moral dan daya fikir.
  6. Cenderung melakukan penyimpangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat misalnya Mencuri, berbohong, suka marah-marah dengan alasan yang tidak jelas dan free seks.
  7. Lalu berujung pada Kematian.

Barang haram itu kini semakin mudah didapatkan dan harganya berfariasai dari yang murah hingga mahal. Jadi mulai sekarang kita berkerjasana dengan BPOM,BNN dan POLRI untuk membasmi pengedar narkoba dan obat ilegal, kita lindungi anak-anak kita dari perbuatan yang tidak lazim mereka lakukan.

Comments

  1. Yuk kita perangi bersama masalah napza dan obat ilegal ini karena sangat berbahaya bagi diri kita sendiri maupun bagi orang-orang yang kita sayangi. Dampaknya itu lho mengerikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *