Menjelajah Brunei Berbekal Backpack

Siapa sih yang tidak suka dengan jalan-jalan, menjelajah keanekaragaman kota dan mencicipi aneka kuliner yang kerkenal dan enak. Banyak hal yang harus kita sediakan saat treveler dari penginapan, tiket dan bajet yang pas nih di kocek kita masing-masing.

Berhubung saya sudah punya paspor pengen banget nih keluar Negeri , mencoba untuk mencari info kok tertarik ya dengan Negara satu ini yaitu Brunei Darussalam.

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara kecil di utara Pulau Kalimantan. Negara Islam ini terkenal paling makmur di Asia Tenggara. Kawasannya yang masih satu pulau dengan Indonesia ini menjadikan Brunei mudah dijangkau saat berlibur. Karena terkenal akan negara yang makmur, tentu saja orang akan cenderung menyiapkan budget yang banyak jika ingin berlibur ke sana karena harga barang-barang sangat tinggi, jadi terkesan tidak backpacker friendly.

Namun, tidak menutup kemungkinan kamu bisa berlibur ke Brunei dengan budget yang rendah. Terlebih tidak membutuhkan waktu banyak untuk berkeliling Brunei karena luas wilayahnya yang kecil sehingga kamu bisa berhemat uang untuk penginapan.
Tertantang untuk backpacker-an ke Brunei? Untuk kamu backpacker pemula yang ingin langsung menjelajah Brunei dan merasakan jalan-jalan low budget di sana, mungkin beberapa tips berikut berguna buat kamu.
Pilih waktu yang tepat ke Brunei.

Ada beberapa waktu tertentu yang pas untuk backpacker-an ke Brunei, misalnya saat perayaan hari besar Islam tertentu seperti Maulid Nabi, Idul Fitri atau saat perayaan ulang tahun Sultan Brunei. Pada saat-saat inilah Sultan dan Perdana Menteri mengadakan open house sehingga kamu bisa melihat Sultan atau Perdana Menteri Brunei. Selain itu biasanya terdapat konvoi dan bazar makanan pada saat terdapat perayaan seperti ini. Kamu bisa mencicipi makanan khas Brunei pada bazar tersebut. Di hari tanpa perayaan, suasana Negara Brunei akan terasa sepi dan lengang, karena jumlah penduduk Brunei juga sedikit.
Booking penginapan murah
Karena jarang backpacker yang mengunjungi Brunei, maka kamu akan sulit menemui penginapan murah semacam hostel atau losmen. Tapi bukan berarti tak ada penginapan murah. Kamu bisa menginap di Pusat Belia Youth Hostel yang terletak di dekat Bandar Sri Begawan. Letaknya cukup strategis dan harga per kamarnya juga murah. Selain itu kamu bisa juga memilih Louโ€™s House. Tempat penginapan ini juga terbilang murah, dan pemiliknya merupakan orang Indonesia. Letaknya memang sedikit jauh dari pusat kota, namun masih terjangkau.
Bersiap menghadapi sulitnya transportasi.

Transportasi di Brunei terkenal sulit, kendaraan umum beroperasi hingga jam 6 sore saja, itupun jumlah armadanya sangat sedikit. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menumpang mobil pribadi penduduk lokal. Tidak usah khawatir karena penduduk lokal ramah dan sangat membantu. Atau alternatif kedua, kamu bisa menumpang mobil omprengan. Mobil ini merupakan mobil biasa yang dijadikan pemiliknya mobil angkutan tidak resmi. Harganya sama seperti angkutan umum. Jika sudah kepepet dan tidak ada kendaraan, mau tidak mau kamu harus berjalan kaki.
Jika kamu berhasil menemukan bus jangan lupa memberi tahu terlebih dahulu tujuanmu, karena biasanya supir bus tidak berhenti jika tidak ada penumpang yang turun di sana.
Membawa bekal di hari Jumat
Pada hari Jumat semua toko dan tempat makan akan tutup pada pukul 11 hingga jam 2 siang. Maka, jika kamu berjalan-jalan di hari Jumat sebaiknya membawa bekal sebelumnya, karena kamu tidak akan menemukan penjual makanan, bahkan minuman di jam tersebut.
Kunjungi Masjid Omar di sore hari.

Masjid Omar Ali Saefudin merupakan salah satu masjid besar di Bandar Sri Begawan selain Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah. Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata karena arsitekturnya bergaya Islam modern yang memadukan gaya Mughal dan Italia. Interiornya juga mengagumkan, sayangnya tidak boleh mengambil gambar di dalam masjid. Kubah majid ini dilapisi emas murni, sehingga pada sore hari terpaan cahaya matahari terbenam menghasilkan kilauan warna emas yang indah.

Jika kamu sudah siap berlibur ke Brunei, segera siapkan tiket perjalananmu. Kamu bisa menggunakan Royal Brunei, yakni maskapai milik negara Brunei. Tentunya ada sensasi tersendiri untuk mengunjungi sebuah negara dengan menggunakan masakpai kebanggaan negara tersebut.

Hampir semua Royal Brunei pesawat-nya nyaman dan memberikan harga promo di waktu tertentu. Dengan harga promo yang relatif murah, kamu bisa menghemat budget perjalananmu. Cek harganya sekarang dan siapkan backpack kamu buat liburan ke sana.

Comments

  1. Setiap postingan tentang Brunei selalu bikin kagum terutama masjid-masjid disana, bandara nyanpun cakep banget mbak. Walaupun sayang transportasi umum disana agak susah. Tapii teteplahh pengen banget aku menjelajah brunei ..

  2. Berarti kalau ke Brunei bagusnya pas lagi ada perayaan yah Mbak Echi.

    Rekomen banget nih kalau suatu saat ke Brunei buat nginep di Pusat Belia Youth Hostel. Pasti bakalan serasa di rumah sendiri yah, karena pemiliknya orang Indonesia, hehehe

  3. Hampir semua Royal Brunei pesawat-nya nyaman dan memberikan harga promo di waktu tertentu. Dengan harga promo yang relatif murah, kamu bisa menghemat budget perjalananmu.

    ini bisa jadi pilihan juga yaaa….saya kebetulan lagi ngumpulin banyak informasi jejalan ke LN

  4. uwoooo, sepertinya ini bisa jadi panduan buat aku biar bisa melengkapi trip ASEAN, berkunjung saat hari-hari besar muslim.. noted, makasih sharingnya ๐Ÿ™‚

  5. Sudah lama ingin berkunjung ke negara Brunai Darussalam. Tapi dengar 2 disana agak susah transportasi dan berlaku jam malam kah? Perlu riset mendalam sebelum ke negara ini. Makasihbya sharenya

  6. Sayangnya sarana transportasi ngga sampai malam ya,kak.
    Untungnya warga disana ramah2 orangnya … dengan senang hati memberi tumpangan.

    Nice trip, kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *