7 Amalan Wanita Haid dan Nifas di bulan Ramadhan

Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabbarakatuh

Bunda bagaimana saum (puasa) hari ini, semoga masih lancar ya. Bulan suci Ramadhan sangat dinanti-nantikan bagi umat muslim diseluruh dunia, satu bulan yang sangat istimewa dari bulan yang lainya, semua umat muslim berlomba-lomba mencari ridho Allah SWT beribadah dengan sepenuh hati, karena dibulan inilah semua pahala dilipat gandakan dan dibukanya pintu pengampunan dosa.

Lalu bagaimana dengan Wanita yang sedang tidak dapat menjalankan puasa karena Haid ?? hal ini terkadang membuat kaum Wanita sangat sedih karena tidak dapat ikut berlomba-lomba dalam beribadah, pada kodratnya semua wanita akan mengalami menstruasi atau haid setiap bulan tamu itu pasti akan datang, dan biasanya pada Perempuan normal akan berlangsung selama 7 hari.

Lalu ibadah apa yang bisa dilakukan Wanita yang sedang haid ?? itu saya mendapat petanyaan dari seorang teman di media sosial. Kebetulannya lagi setelah itu ada undangan pengajian yang membahas tentang “Amalan Wanita Haid dan Nifas di bulan Ramadhan”.

Beberapa hari lalu saya mengikuti pengajian denganUstadzah Hani Nurul Husna, beliau menyampaikan betapa istimewanya kita kaum wanita diberikan banyak sekali kenikmatan dari mulai menjadi seorang anak, naik tingkat menjadi Istri dan setelah hamil sembilan bulan kita naik menjadi Bunda. Begitu juga saat kita diberikan karunia Haid saat bulan Ramadhan kita harus Iklhas dan Ridho, jangan kita memaksakan puasa karena itu tidak ada pahalanya sama sekali dan kita tetap harus mengKhodo Puasa kita Siapa bilang kita tidak dapat beribadah saat kita sedang haid dan nifas, banyak sekali amalan yang kita akan dapat salah satunya adalah :

Amalan Wanita Haid dan Nifas di bulan Ramadhan

  1. Berhikmah Bunda salah satu amalan yang kita dapatkan saat berpuasa adalah Berhikmah dengan cara, kita mempersiapkan keperluan saum keluaraga kita misalnya menyiapkan makanan untuk mereka saat sahur dan berbuka puasa
  2. Mendorong orang lain untuk Beramal sholeh kita bisa menyiapkan keperluan suami dan anak-anak saat ingin beribadah, mempersiapkan alat sholatnya saat mereka ingin beribadah, mengantar dan menunggui anak-anak sedang sholat, membangunkan orang sahur itu termaksud amalan yang dapat kita lakukan bunda.
  3. Memperbanyak Istighfar Beristighfar adalah ibadah yang paling mudah dan waktu yang paling tepat dan baik saat kita sahur, sambil menyiapkan menu sahur kita bisa beristighfar sedang menyuapi anak saat sahur.
  4. Bersedekahlah (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan (Al-Imran ١٣٤) . Bersedekahlah di waktu lapang dan sempit, bersedekah tidak harus dengan harta tapi tenaga juga bisa kita lakukan.
  5. Wanita Haid boleh membaca Al Qur’an Dalam hal ini memang ada dua perbedaan boleh dan tidaknya kita saat membaca Al Qur’an dalam menyentuhnya dan disini bisa tergantung apa yang kita percaya. Namun sekarang ada solusinya kita akan tetap dapat membaca Al Qur’an tanpa menyentuhnya, kita bisa membuka handphone dan membacanya dari sana.
  6. Berzikir Salah satu amalan yang bisa kita lakukan adalah dengan berzikir, dimana dan kapan pun kita bisa melakukanya tapi alangkah baiknya sebelum kita melakukanya ambilah air wudhu terlebih dahulu, orang yang berzikir akan mendapatkan pahala yang begitu besar yaitu ampunan dari Allah SWT.
  7. Memperbanyak Doa Kalo kita punya hafalan bisa kita lakukan dikala kita sedang haid, banyak sekali buku-buku doa yang kita bisa baca, Allah SWT paling suka jika hambanya curhat kepadanya dalam setiap doa yang kita lantunkan kita bisa meminta apapun. Dan saat berdoa kita merasa lebih dekat dengan sang pencipta.

Pada dasarnya saat wanita haid bukan orangnyalah (wanita) yang hajis tapi darah haidnya yang hajis dan kotor,di atas sedikit pengetahuan saya bunda dengan amalan apa saja yang dapat dilakukan semoga bermanfaat.

Wassalammualaikum Warrohmatulahi Wabbarakatuh.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *