Jadilah Pendamping, Menuju Tumbuh kembang optimal

Tumbuh kembang optimal pada anak adalah impian semua orangtua, tapi apa sih yang dimaksud dengan tumbuh kembang optimal itu sendiri?. Pengertian Tumbuh kembang adalah suatu proses berkelanjutan mulai dari konsepsi sampai dengan maturitas yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor bawaan. Terkait pentingnya pertimbangan orang tua untuk kebahagiaan anak dalam upaya membantu mencapai tumbuh kembang optimalnya peran bunda sangat diperlukan disatu sisi ini.

Raihan (10 thn) & Banni (7thn), kedua anak saya yang full pengasuhanya saya sendiri dan suami yang pegang. Sejak hamil anak pertama saya memutuskan untuk berhenti bekerja, karna tidak ingin mengualang sejarah yang sama yang saya dan suami alami yaitu tidak memiliki banyak waktu bersama orangtua karena kesibukan mereka bekerja di luar.

Dalam satu hari kami biasa memberikan rutinitas tiga kali pelukan, pagi, siang dam malam hari. Entah kapan ide ini muncul, tapi yang saya tau sejak saya ada keperluan harus keluar kota ada sedikit keperluan dan terpaksa anak-anak harus ditinggal 3 hari ditumah neneknya. Setiap habis berpelukan saya dan anak-anak selalu ada hal yang kami ceritakan, dari film kesukaan mereka, hobi, teman sekolahnya sampai saling mengkeritik sikap-sikap kita selama dirumah (mungkin ada kesalahan yang menyinggung hati satu sama lain).

Terkadang saya berfikir sudah baikah saya ada di sisi mereka untuk perkembangan optimalnya dan sudah baikan hal yang saya lakukan untuk mereka?. Saat anak bermain dengan orangtuanya mereka akan merasa lebih happy dibandingkan bermain dengan kakak atau adiknya.

Studi tersebut juga mengungkaokan bahwa saat menilai karaktristik kenahagiaan anak, kebanyakan orangtua hanya memperhatikan citi-citi fisik. Misalnya saja saat anak menunjukan ekspresi ceria dan dan aktif bergerak. Seandainya, menurut Myers & Diener (1995), kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, namun lebih kepada rasa nyaman, aman dan diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.

Menurut Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi,SFP, ACC, kebahagiaan saat masa kanak-kanak memiliki pengaruh positif terhadap tumbuh kembang kognitif (proses belajar), nilai diri (self-esteem), Social skill serta karakter anak saat dewasa. :Begitupun dengan tumbuh kembang aspek sosial-emosional, anak yang bahagia sejak kecil memiliki peluang lebih besar untuk menjadi individu yang memiliki emosi positif dan memiliki kepuasan hidup yang tinggi di masa dewasa kelak. Kebahagiaan masa kanak-kanak telah diakui sebagai sumber faktor penting berpengaruh terhadap kabahagiaan saat dewasa jika dibandingkan dengan sumber kebahagian lain seperti akademik, jabatan pekerjaan atau kekayaan.

Selain itu, studi Nestle LACTOGROW tersebut juga mengungkapkan bahwa anak indonesia berpotensi kekurangan asupan nutrisi yang seimbang, yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan mereka. Studi ini sejalan dengan hasil penelitian lain yang menunjukkan bahwa risiko masalah gizi pada anak Indonesia masih tinggi.

Ahli gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia DR. Dr. Saptawati Bardosono, Msc, mengatakan “Anak yang mengkonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat, sehingga dapat menyerap nutrisi dengan baik. Pada akhirnya, anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik yang dapat menunjangnya untuk tumbuh dan berkembang secara lebih bahagia dan optimal.”

“Melihat bagaimana kebahagiaan dapat mempengaruhi mulai dari pembentukan karakter anak hingga kecukupan gizinya, kami berharap Nestle LACTOGROW ‘Grow Happy’ dapat terus menginspirasi keluarga Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang dapat membuat anak tumbuh sehat dan bahagia,”ujar Gusti Kattani Maulani.

Nestle LACTOGROW ‘Grow Happy’ akan diselenggarakan pada 4-5 Agustus 2018 di Kota Kasablanka, Jakarta. Berbagai permainan edukatif yang seru dan menyenangkan seperti Happy Train Safari,Happy Sensory Play, Art and Craft akan hadir untuk menyambut keluarga Indonesia.

Bersama dengan penyelenggaraan ‘Grow Happy’ Nestle LACTOGROW juga memperkenalkan tampilan barunya yang telah diperkaya dengan DHA,Kalsium,Minyak Ikan dan Lactobacillus Reuteri yang bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan pencernaan si kecil.

“Kami berharap seluruh rangkaian kampanye ‘Grow Happy’ dapat terus menginspirasi para orang tua di Indonesia untuk mendukung kebahagiaan anak baik dari segi psikologis (meluangkan waktu bersama anak) maupun fisik (asupan gizi seimbang) untuk mencapai tumbuh kembang optimal anak. Hal ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup Keluarga Indonesia dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat,”tutup Gusti Kattani Maulani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *