Asian Games 2018, Indonesia Menjadi Tuan Rumah Ke Dua Kalinya

18 Tahun Asian Games, Sudah di depan mata hanya tinggal hitungan jari tepatnya tinggal 10 hari lagi menuju pembukaan Asian Games. Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Asian Games yang ke 18 ini, suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami rakyat Indonesia.

Asian Games 2018, yang secara resmi dikenal sebagai Asian Games ke-18 dan juga dikenal sebagai Jakarta Palembang 2018, adalah acara multi-olahraga pan Asia yang dijadwalkan diadakan dari 18 Agustus hingga 2 September 2018 di kota-kota Indonesia di Jakarta dan Palembang.

Untuk pertama kalinya, Asian Games diselenggarakan bersama di dua kotayaitu, Ibukota Indonesia Jakarta (yang menjadi tuan rumah Olimpiade untuk pertama kalinya sejak 1962), dan Palembang, Ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Acara akan diadakan di dua kota, termasuk tempat-tempat di Bandung dan provinsi Jawa Barat dan Banten. Upacara pembukaan dan penutupan Asian Games akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta.

Sebanyak 45 negara telah memastikan bakal berpartisipasi. Jumlah negara peserta Asian Games memang maksimal hanya 45, tepatnya sejak 1974. Sebelumnya, negara yang berpartisipasi bisa mencapai 46 negara. Indonesia akan menggelar 40 cabang olahraga, 456 nomor pertandingan, diikuti oleh 12.000 orang atlet dari berbagai negara, dan akan dihadiri 5.000 orang awam media yang akan meliput secara langsung. Pastinya akan menarik sekali rasanya sudah tak sabar ingin menyaksikan pertandingan antar negara ini.

Api obor Asian Games yang akan digunakan di Indonesia berasal dari New Delhi, India, dan Mrapen (Grobogan). Api diambil dari India karena Asian Games edisi pertama digelar di negara tersebut pada 1951.

Kalo kita cermati lebih lanjut olahraga orang Indonesia itu musiman loh (seperti saya), kita olahraga kalo ada acara tertentu misalnya saat Asia Games ini atau yang satu tahun sekali seperti 17 Agustus yang sering ada aneka macam lomba olahraga seperti bola, Tenis meja, Volly, Badminton hingga balap sepeda hias.

Pada tahun 1962 pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games lV , pada tanggal 24 Agustus-2 September 1962. Dan kiri momen sejarah itu terulang kembali Indonesi menjadi Tuan rumah Asian Games kedua kalinya setelah Vietnam mengundurkan diri.

Pastinya banyak perubahan Gelora Bung karno pada tahun 1962 dengan saat ini tahun 2018, bagai mana tidak renovasi menelan biaya hingga Rp.2,9 Triliun untuk merenovasi dari fasilitas kecil-kecil hingga yang besar, termaksud vendor-vendor. area pejalan kaki yang tadinya hanya trotoar biasa, saat ini sudah memproduksi beton dari bahan Holcim yang dapat menyerap udara lebih banyak untuk menghilangkan genangan air. Jalur pedestrian ini juga dilengkapi dengan jalur khusus sepeda, halte penumpang shalter bus, pos polisi, toilet, musolah, tempat makan , tempat sampah dan helipad tidak luput dari pembenahan untuk persiapan Asian Games yang tinggal beberapa pekan lagi.

Di Gelora Bung Karno Senayan kamu bisa menyaksikan pertandingan renang, menyelam, atletik, tenis, hoki, panahan, rugby 7, polo air, basket, squash, dan bulutangkis. Melipir sedikit ke sebelahnya, ada Jakarta Convention Center yang nantinya akan menjadi tempat pertandingan bela diri seperti taekwondo, judo, karate, gulat, sambo, jujitsu, kurash, dan anggar.

Dari Senayan kamu bisa menuju ke daerah Jakarta Selatan untuk nonton golf di Pondok Indah. Pindah ke arah Timur Jakarta, cabor Asian Games bakalan diadain di beberapa tempat nih, yaitu Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, Velodrome, dan Jakarta International Equestrian Park. Ke arah utara, kamu bisa nonton jet ski di Ancol dan beberapa pertandingan lainnya seperti gimnastic dan angkat beban di JIEXPO Kemayoran.

 

Saya pribadi sangat senang menyambut kedatangan para Negara-Negara Asian Games, jika kalian ingin membaca info-info yang terupdate tentang Asian Games . Kami yakin atlet Indonesia akan membawa mendali Emas sebanyak-banyaknya bangsa ini dan mari kita dukung bersama Indonesia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *